Apa Fungsi Safe Mode pada Windows

Warungkopi - Halo sobat semuanya selamat datang kembali di blog warungkopi. Seperti biasanya disini saya akan kembali menyajikan informasi dan pengetahuan menarik seputar dunia teknologi khsusnya unyuk saat ini adalah dalam hal sistem operasi. Dalam artikel kali ini saya akan memberikan pengetahuan tentang Apa yang Dimaksud Safe Mode pada Windows. yang perlu diketahui oleh sobat semuanya sebagai pengguna sistem operasi Windows.

Apa yang Dimaksud Safe Mode pada Windows

Baagi sobat semua yang menggunakan sistem operasi windows baik dari windows 7 hingga windows 10 pasti sudah tidak asing lagi dengan apa yang dinamakan Safe Mode. Safe mode merupakan sebuah fitur yang sisematkan secara default didalam sistem operasi Windows yang sangat bermanfaat untuk memperbaiki beberapa kerusakan sistem dalam sistem operasi Windows.

Safe Mode merupakan salah satu pilihan mode booting pada Start up atau pada saat windows mulai menyala, yang memiliki kemampuan atau kegunaan untuk memperbaiki berbagai masalah sistem yang akan dialami pengguna sistem operasi Windows. Saat pengguna masuk kedalam safe mode maka Windows akan berjalan dengan kondisi minimal, yaitu hanya memuat file dan driver - driver yang penting dan benar - benar diperlukan saja. Beberapa software terinstall yang dianggap tidak penting juga tidak akan diaktifkan jika memasuki safe mode. Biasanya jika pengguna memasuki safe mode, didalam tampilan windows akan muncul tulisan Safe Mode di sebelah pojok atas Windows.

Cara Masuk Ke dalam Safe Mode

Safe Mode bisa diakses dengan berbagai cara tergantung dengan versi windows yang digunakan, sehingga perlu menyesuaikan dengan versi windowsnya. Namun biasanya cara standart untuk masuk kedalam Safe Mode adalah dengan menekan tombol F8 pada keyboard saat komputer sedang dalam proses booting. Dengan menekan tombol F8, tidak hanya akan tampil pilihan Safe Mode. Namun akan tampil sebuah tampilan CLI dengan beberapa menu booting yang disebut dengan Advanced Options Menu.

Ingin tau apa saja fungsi - fungsi yang ada pada menu dalam Advanced Options Menu?


Selain Safe Mode, anvanced options menu memberikan beberapa pilihan mode yang bisa digunakan pengguna untuk mengatasi beberapa kegagalan sistem pada windows. Berikut penjelasan tentang mode - mode tersebut.

  • Safe Mode, Menjalankan windows dengan hanya mengaktifkan beberapa file, driver, dan software - software yang benar - benar dianggap penting dalam sistem operasi.
  • Safe Mode with Networking, Sama dengan Safe Mode, hanya saja ditambah dengan diaktifkannya driver jaringan sehingga pengguna bisa tekoneksi dengan jaringan (Networking).
  • Safe Mode with Command Promt, Sama dengan Safe Mode, namun dalam mode ini software CMD akan langsung berjalan secara otomatis.
  • Enable Boot Logging, Jika memasuki mode ini maka windows akan membuat file Ntblog.txt, yang ketika windows startup, informasi dari startup tersebut akan disimpan dalam file yang telah dibuat yang berlokasi di drive C:
  • Enable VGA Mode, Dengan mode ini windows akan berjalan dengan tampilan mode minimal seperti menggunakan resolusi 640x480 atau 800x600 saja. Mode ini biasanya digunakan oleh pengguna untuk mengetahui kerusakan pada Driver VGA yang ada di Windows.
  • Last Known Good Configuration, Mode ini akan menjalankan windows dnegan menggunakan informasi dalam registry yang tersimpan saat komputer terakhir di shutdown. mode ini sebaiknya digunakan ketikas sobat melakukan kesalahan saat menkonfigurasi sistem dan windows gagal untuk melakukan startup.


Manfaat Safe Mode pada Windows

  • Memungkinkan para pengguna Windows untuk melakukan uninstall terhadap software yang telah menyebabkan komputer mengalami hang, error atau kerusakan sistem yang lainnya. Jika sobat pernah mengalami windows yang sobat gunakan mengalami error atau tidak bisa startup setelah menginstall sebuah software maka sobat bisa melakukan uninstall software tersebut melalui safe mode sehingga windows bisa kembali bekerja dengan normal.
  • Memeriksa masalah yang ada pada tampilan grafik windows atau perangkat VGA. Dengan menggunakan menu "Enable VGA Mode". Dengan begitu sobat bisa memperbaiki beberapa masalah yang ada pada driver atau VGA yang terinstall didalam komputer.
  • Menghapus Virus yang tidak dapat dihapus melalui mode biasa. Mungkin sobat sudah menginstall software antivitus pada komputer windowsnya, namun ternyata terkadang ada juga vitus yang tidak terdeteksi atau tidak bisa dihapus. Dengan menggunakan safe mode maka virus tidak akan ikut aktif sehingga pengguna bisa dengan mudah menghapus virus yang ada dalam sistem Windows.
  • Menjalankan Sistem restore yang berfungsi untuk mengembalikan settingan sistem ke dalam keadaan sebelumnya saat sistem masih dalam keadaan normal. Hal ini bisa sangat membantu ketika sobat mengalami beberapa masalah pada sistem windows yang ada saat ini.
  • Menjalankan berbagai fitur yang ada didalam control panel seperti Administrative Tools dan lain lainnya
  • Membuka Registry editor untuk memeriksa dan melakukan perubahan dalam isi registrty.

Nah bagaimana sobat, Dengan membaca ulasan diatas pasti sobat sudah tau ternyata banyak sekali manfaat dari fitur Safe Mode yang tertanam didalam sistem windows ini. Dengan mengetahui hal ini sobat tidak perlu lagi berbuat sembrono untuk langsung melakukan install ulanga pada komputer sobat saat mengalami masalah kecil. Cobalah memperbaikinya dengan menggunakan safe mode. Semoga artikel saya yang berjudul Apa Fungsi Safe Mode pada Windows bermanfaat untuk pembaca semua. Silahkan bagikan artikel ini dengan menggunakan tombol share dibawah dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel di blog saya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Fungsi Safe Mode pada Windows"

Posting Komentar